Informasi Pendaftaran Program S3 (Doktor)

update terakhir 13 Jan. ’15

Syarat Pendaftar Program S3

  1. Mempunyai ijazah S2. Surat keterangan lulus (SKL) tidak berlaku.
  2. Mempunyai IPK S2 sebagai berikut:
    > 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau;
    > 3,25 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau;
    > 3,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.

    Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman BAN-PT yang masih berlaku. Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan Perguruan Tinggi.

    Bagi pendaftar yang tidak dapat menyerahkan bukti akreditasi atau surat keterangan sedang proses akreditasi dari pimpinan Perguruan Tinggi, maka program studinya dianggap terakreditasi C dan harus menyerahkan dokumen berikut:
    a. Bukti publikasi karya ilmiah di jurnal terakreditasi, atau;
    b. Surat pernyataan dari atasan langsung yang menyatakan bahwa pendaftar memiliki jabatan minimal setara eselon III (bagi yang sudah bekerja).

    Apabila dokumen Akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.
  3. Khusus pendaftar lulusan luar negeri harus mempunyai dokumen penyetaraan ijazah dari DIKTI.
  4. Mempunyai nilai Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS atau Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat;
  5. Mempunyai nilai tes kemampuan Bahasa Inggris dibuktikan dengan sertifikat yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat. Nilai kemampuan bahasa Inggris beserta sertifikat yang dapat digunakan adalah:
    a. Academic English Proficiency Test (AcEPT) dari UGM, atau;
    b. International English Testing System (IELTS) dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
    c. Internet-Based (iBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
    d. Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.

  6. Pendaftar yang memenuhi persyaratan tersebut di atas, dapat melamar untuk menjadi peserta program Doktor dalam bidang studi yang sama dengan bidang studi kesarjanaannya atau bidang studi lain yang disetujui oleh Pengelola Program Studi.
 

Prosedur Pendaftaran

  1. Hubungi program studi tujuan Saudara untuk mengetahui syarat khusus dan persyaratan tambahan yang diperlukan untuk seleksi.
  2. Pendaftaran calon mahasiswa program pascasarjana dilakukan secara online disini.
  3. Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
  4. Siapkan scan dokumen di bawah ini (dalam format .jpeg, ukuran maksimal 200kb; file gambar dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), diunggah pada saat mendaftar secara online :
    No Dokumen
    1 Pas foto resmi terbaru, berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera.
    2 Ijazah jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal
    3 Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal
    4 Sertifikat/bukti akreditasi program studi (akreditasi saat ini) jenjang pendidikan yang terakhir
    5 Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) atau Tes Potensi Akademik (TPA) BAPENAS yang masih berlaku*)
    6 Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku*). Sertifikat yang diakui adalah:
    • Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM, atau;
    • IELTS dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;
    • TOEFL Internet-Based (IBT) dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;
    • TOEFL Institutional Testing Program (ITP) dari institusi yang diakui oleh IIEF
    7 Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik (format dapat diunduh disini)
    Khusus spesialis FK diganti dengan Rekomendasi IDI
    8 Surat keterangan sehat dari dokter di puskesmas atau rumah sakit
    Khusus spesialis FK diganti dengan SKCK
    9 Syarat khusus:
    • Pelamar S2:
      a. Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pascasarjana yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh disini)
      b. Proposal penelitian tesis/tulisan essai/syarat khusus lainnya yang dipersyaratkan oleh program studi tidak perlu diunggah tetapi dikirim langsung ke program studi tujuan dilengkapi dengan fotokopi bukti daftar.
    • Pelamar S3: Draft Proposal Disertasi (draft proposal disertasi tidak perlu diunggah tetapi langsung dikirim/diserahkan ke prodi tujuan dilengkapi fotokopi bukti daftar). Alamat prodi S2/S3 Ilmu Komputer FMIPA UGM dapat dilihat di kaki laman website ini.
    10 Surat ijin studi dari instansi bagi yang sudah bekerja (format dapat diunduh disini)
  5. Cetak Bukti Pendaftaran Saudara untuk keperluan registrasi apabila dinyatakan diterima sebagai calon mahasiswa program pascasarjana.
  6. *) Masa berlaku sertifikat adalah 2 (dua) tahun dari tanggal diterbitkannya sertifikat

    Hal-hal selengkapnya mengenai Jadwal Seleksi (tingkat universitas), Petunjuk Pembayaran, dll dapat dilihat di http://um.ugm.ac.id/